Find the Magic HERE!!!
Latest News

Pengaruh Zakat terhadap Konsumsi

Minggu, 25 Oktober 2009 , Posted by Hasan Ismail at 08.06

Prinsip – prisip ekonomi Islam bertujuan untuk membangun keadilan sosial ekonomi yang lebih besar melalui retribusi penghasilan dan kekayaan untuk menciptakan keseimbangan dalam hidup dan kehidupan secara keseluruhan. Zakat sangat berpengaruh terhadap total pengeluaran konsumsi masyarakat secara keseluruhan. Hal ini didasari sebagai berikut :
Pertama ; zakat akan menaikan hasrat konsumsirata-rata dan kecendrungan marginal untuk konsumsi masyarakat dalm ekonomi Islam dibandingkan dengan ekonomi non- Islam yang menggunakan zkat sebagai instrument fiscal. Kedua ; dengan adanya zakat maka kesenjangan investasi akibat tingkat pendapatan yang berbeda akan bisa meminimalisir dalam ekonomi Islam.

Zakat dan berbagai macam sedekah akan sangat mempengaruhi fungsi konsumsi namun besarnya tergantung intersep. Pengeluaran untuk zakat menyebabkan pengeluaran konsumsi akan lebih besar untuk setiap tingkat pendapatan. Meningkatkan konsumsi sebagai pengaruh redistribusi zakat menguntungkan kelompok yang keinginan konsumsi nya tinggi. Artinya dalam ekonomi Islam tingkat Investasi yang diperlukan untuk menutupi kesenjangan antara pendapatan dengan konsumsi menjadi relative lebih kecil .




Currently have 3 comments:

  1. cepi says:

    makasih gan buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenala ja dari aku

  1. sudin says:

    lengkapin lagi gan tentang pembahasan zakat nya

Leave a Reply

Posting Komentar