Find the Magic HERE!!!
Latest News

Prinsip-prinsip Pengelolaan Zakat

Minggu, 25 Oktober 2009 , Posted by Hasan Ismail at 08.08

Prinsip-prinsip pengelolaan zakat adalah:
a.Prinsip kesadaran umum
Dalam pengumpulan zakat yang dilakukan sebuah lembaga hendaknya memiliki pengaruh positif terhadap upaya menumbuhkan kesadaran bagi muzakki sehingga dapat meningkatkan jumlah muzakki dan dapat mengurangi jumlah mustahiq.
b.Prinsip manfaat
Hasil pengelolaan zakat harus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemaslahatan umat, terutama bagi para mustahiq yang benar-benar membutuhkan dan dalam penyalurannya pengelola harus terlebih dahulu meninjau dengan teliti apakah mereka benar-benar membutuhkan sehingga dana zakat bermanfaat.
c.Prinsip koordinasi
Dalam pengelolaan zakat hendaknya terjalin koordinasi secara harmonis antara berbagai lembaga terkait dan keterpaduan antara ulama dan umara.
d.Prinsip produktif rasional
Dalam pendayagunaan hasil pengumpulan zakat diarahkan pada usaha yang produktif dan rasional. Produktif disini diartikan bahwa si penerima santunan harus memanfaatkan dana yang diterima untuk berusaha bukan untuk dikonsumsi. Sedangkan rasional maksudnya dalam penyaluran dan pendayagunaan zakat harus di dasarkan pada perhitungan yang rasional.




Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Posting Komentar