Find the Magic HERE!!!
Latest News

Pengertian Wakaf

Minggu, 26 Februari 2012 , Posted by Hasan Ismail at 07.19


Kata “ Wakaf “ atau “ Wacf “ berasal dari bahasa arab “ Waqafa “. Asal kata “ Waqafa “ berarti “ berarti “ menahan “ atau “ berhenti “ atau “ diam di tempat “ atau tetap berdiri “. Kata “ Waqafa – Yaqifu – Waqfan” sama artinya dengan “ Habasa – Yahbisu – Tahbisan “. Kata al-waqaf dalam bahasa arab mengandung beberapa pengertian :

Kata Syair
Artinya : Menahan – menahan harta untuk di waqafkan, tidak dipindah kepemilikan.

Dasar Hukumnya : Wakaf tunai adalah suatau berbuatan yang baik atau sunnah bagi para agniya atau orang yang memiliki harat yang lebih, sehingga harat yang ia miliki di wakafkan dan di jadikan investasi hasilnya dijadikan shadaqoh, infaq atau dijadikan untuk memberdayaan social masyarakat muslim.

Firman Allah SWT :
Dalil yang menjadikan dasar disyariatkannya ibadah wakaf bersumber dari
“ Berbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan “ ( Qs : al-Haj : 77 )

Dalam ayat lain Allah berfirman:
“ Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan ( yang sempurna ) sebelum kamu menafkahkan harta yang kamu cintai, dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahui “ (Qs : Al- Imran : 92)

Dalil yang menjadikan dasar disyariatkannya ibadah wakaf bersumber dari :
Sunnah Rasullah:
“ Dari abu Hurairah ra. Sesungguhnya Rasullah SAW. “ Apabila anak adam (Manusia) meningal dunia, maka putuslah amalnya, kecuali tiga perkara : 1. Shodaqoh Jariyah 2. Ilmu yang bermamfaat 3. Anak sholeh yang mendo’akan orang tuanya “ ( diriwayatkan oleh imam muslim)

Dalam sebuah Hadist yang lain :
“ Dari ibnu Umar ia berkata: “ Umar mengatakan kepada Nabi SAW saya mempunyai seratus dirham saham di khoibar, saya belum pernah mendapat harta yang paling saya kagumi seperti itu, tetapi saya ingin menyedekahkan. Nabi SAW mengatakan kepada umar : Tahanlah ( Jangan jual, hibahkan dan wariskan ) asalnya ( modal pokok) dan jadikan buahna sedekah untuk sabilillah “. ( HR. Bukhari dan Muslim )




Currently have 2 comments:

  1. genial says:

    jdulnya kecletot tu kang :(

Leave a Reply

Posting Komentar