Find the Magic HERE!!!
Latest News

STRATEGI FUNDRAISING

Sabtu, 02 Januari 2010 , Posted by Hasan Ismail at 08.17

Menyusun Penggalangan Dana
Strategi menggalang dana adalah tulang punggung kegiatan menggalang dana yang anda lakukan. Andaperlu memberikan perhatian penuh sejak dari awal pada setiap langkah yang anda ambil untuk menggalang dana . Agar segalanya berjalan lancar. Anda hanya membuang-buang waktu dan tenaga saja,jaka anda tidak menyusun strategi yang baik.
1.Menentukan kebutuhan
Titik tolak dalam menentukan starategi menggalang dana adalah menentukan kebutuhan organisasi. Ini dapat dilakukan pada tiga tingkatan:
1. Semata mata agar terus bisa melakukan kegitan
2. Untuk meningkatkan kegiatan untuk memenuhi kegiatan yang terus bertambah
3. Perkembangan kegiatan organisasi dimasa depan

2. Bagaimana agar organisasi itu sendiri berkembang
Disamping tugas-tugas menyangkut dana, anda juga perlu membiayai organisasi itu sendiri dan masa depannya.Ada beberapa faktor yang perlu di pertimbangkn:
1. Pengembangan modal
2. Dana abadi(Corpus Funds)
3. Mengurangi hidup bergantung pada pihak luar dan mengembangkan sumber dana independen
4. Mengembangkan landasan keanggotaan dan pendukung
5. Kamampuan berdiri sendiri untuk jangka panjang
3.Mengidentifikasi Sumber Daya
Dalam menyusun strategi menggalang dana titik tolak yang baik adalah mengidetifikasi sumber-sumber dana yang mungkin dapat di gali:
 Dukungan dari perseorangan, daia diajak menjadi anggota atau memberi sumbangan
 Sumbangn besar selamaa hidup, dan warisan setelah meninggal
 Dukungn dari kegiatan menggalang dana, seperti minta sumbangan dari masyarakat, mengadakan malam hiburan, acara masal seperti jalan kaki 10 kilometer
4. Menilai paluang
Sebelum memutuskan sumber-sumber mana yang akan di gali, anda perlu mempertaimbangkan faktor-faktor berikut ini:
 Pengalaman dimasa lalu
 Mendukung anda yang sewajarnya
 Anda ingin menjadi organisasi macam apa
 Gaya anda yang melakukan kegiatan
 Sumber daya dan keahlian yang anda miliki
 Sumber dana anda sekarang
 Peluang yang terbuka bagi anda
 Siapa yang anda kenal
5. Persepektif Jangka Panjang Penting
Beberapa sumbedana pada dasarnya bersifat pendek.Tetapi ada pula yang dapat dakembangkan menjadi mitra jangka panjang. Jika anda punya rencana untuk mengembangkan organisasi anda untuk jangka panjang,maka anda perlu uang, tidak hanya untuk tahun ini tetapi juga untuk tahun depan,tahun berikutnya,dan tahun berikutnya, dan seterusnya.Jjika anda menggalang dana dalam jangka pendek,anda mungkin berhasil menghimpun dana untuk tahun ini dan tahun depan , setelah itu anda akan mengalami defisit.Karna ketika anda menggalang dana untuk masa depan anda, perhitungkan potensi setiap sumber untuk memberi dukungan dalam jangka panjang.
6. Mengidentifikasi Hambatan
Hambatan akan selalu ada ketika anda melakukan sesuatu.Ada hambatan yang timbulkarna sifat organisasi dan apa yang diperjuangkannya.Ada yang timbul dari dalam tubuh organisasi sendiri.Beberapa datang dari luar.Apapun sumber hambatan, anda perlu memperhitungkan ketika menyusun rencana menggalang dana.
7. Merumuskan Strategi Anda
Proses perencanaan stretegianda mempertimbangkan semua pilihan yang tersedia bagi anda,membuat keputusan berdasarkan informasi yang cukup lengkap mengenai pendekatan yang terbaik, merencanakan langkah-langkah berikutnya, dan mempertimbangkan dengan seksama sumber daya apa yang akan diperlukan.Ada beberapa teknik sederhana yang dapat digunakan untuk perencanaan strategis.Berikut ini empat teknik yang mungkin berguna untuk anda:
1. Matriks Ansoff (Ansoff Matix)
Dengan teknik ini anda dapat menentukan cara yang terbaik untuk mendapatkan pendukung baru dan menggunakan teknik baru.
2. Analisis SWOT
Analisis SWOT (Strength, weaknes, Opportunity, Threat) mengidentivikasi kekuatan, kelemahan,peluang dan ancaman pada organisasi dan kegiatanya menggalang dana, dengan melakukan SWOT anda dapat
 Mengembangkan metode-metode penggalangan dana yang dibangun diatas kekuatan anda
 Menghindari kelemahan-kelemahan atau mencari untuk cara mengimbangi kelemahan-kelemahan itu
 Meraih peluang-peluang terbuka
 Mengembangkan cara-cara untuk mengatasi ancaman-ancaman yang muncul
3. Analisis Pihak berkepentingan
Analisis pihak berkepentingan mengidentifikasi perorangan dan lembaga yang menaruh perhatian pada organisasi anda dan kegiatannya, dan menggali alasan-alasan mengapa mereka mungkin tertarik membantu dengan dana atau menyumbangkan sumber daya lainnya, atau melalui semacam kemitraan.
4. Analisis PEST
Analisis PEST dapat digunakan untuk memahami lingkungan tempat penggalangan dana dilakukan, agar dapat dilakukan analisa faktor-faktor luar apa saja yang mungkin berpengeruh pada organisasi atau pada kegiatan penggalangan dana. PEST menyelidiki lingkungan politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi.

C. Menguji, Mengevaluasi dan control
Mengontrol kegiatan menggalang dana penting sekali. Donor, pendukung dan dewan penasehat akan selalumenanyakan mengapa hasilyang anda peroleh seperti itu. Biaya yang tinggi untukmenggalang dana adalah iklan terburuk dalam mata pendukung-pendukung anda yang masih baru.
Menggalang dana harus tahu pesis apa yang sedang terjadi dan bagaimana dia memperoleh hasil yang lebih baik. Control atas penggalangan dana terpusat dimasukkan untuk memastikan perolehan dan ayang sebesar-besarnya dengan biaya yang sekecil-kecilnya. Strategi penggalangan dana idealnya terdiri hanya dari unsur-unsur yang paling rendah biayanya. Persoalan utama karena itu adalah metode menggalang dana yang sama yang berbiaya rendah diperlukan tolok ukur yang menghubungkan efektifitas suatu metode menggalang dana dengan metode menggalang yang lain Akhirnya, anda harus memantau terus apa yang anda lakukan dan memban




Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Posting Komentar