Find the Magic HERE!!!
Latest News

Ruang Lingkup dan Tujuan Filsafat Dakwah

Rabu, 16 Februari 2011 , Posted by Hasan Ismail at 00.43

RUANG LINGKUP FILSAFAT DAKWAH

Secara ruang lingkup filsafat dakwah paling tidak meliputi empat hal, yaitu:5
Pertama, Manusia sebagai pemberi dan penerima dakwah.
Kedua, Agama Islam sebagai pesan materi yang harus disampaikan, diimani (diinterlisasikan) serta diwujudkan dalam realitas masyarakat.
Ketiga, Allah yang menciptakan manusia dan alam, sebagai Rab yang memelihara alam dan menurunkan agama Islam serta menentukan terjadi proses dakwah.
Keempat, Lingkungan, yaitu alam (bumi dan sekitarnya) tempat terjadinya proses dakwah. Karena dakwah merupakan proses interaktif antara manusia, agama islam, Allah, dan lingkungan maka ruang lingkup kajian filsafat dakwah sangat luas, yaitu seluas pemahaman dan wilayah aktifitas keimanan, keislaman dan keihsanan manusia dalam lingkungan.


TUJUAN FILSAFAT DAKWAH

Tujuan filsafat dakwah adalah dapat memberikan pemahaman yang bersifat universal tentang suatu ajaran Islam secara mendalam, mendasar dan fradikal sampai keakar-akarnya, sehingga akhirnya dapat membawa kepada kebenaran yang hakiki, kebenaran hakiki tersebut terimplementasikan dalam sikap kesehariannya sebagai seorang islam.
Lebih jauh bertujuan memberikan kepuasan kepada sebagian jiwa yang amat berharga juga mengantarkan seorang sampai kepada kepercayaan keagamaan yang benar, yang sebelumnya hanya diterima secara domatis dan absolute. Maka pada akhirnya bukan hanya mitologis semata, tetapi juga diterima melalui kerangka pikirin yang rasional juga akan memberi artinya penting dalam menyadari otoritas dirinya sebagai makhluk yang berdimensi dalam memahami dirinya.




Currently have 3 comments:

  1. hasan says:

    @belajar photoshop : harus belajar yah

    @ merliza : iy coy

Leave a Reply

Posting Komentar