Find the Magic HERE!!!
Latest News

Syarat Presenter

Minggu, 11 Maret 2012 , Posted by Hasan Ismail at 08.11

PRA-SYARAT MENJADI PRESENTER

Menurut RM. Hartoko , untuk menjadi penyiar TV yang baik, diperlukan kepribadian yang tepat. Ia menyebutkan beberapa prasyarat untuk menjadi presenter televise yang baik, yakni :

  1. Penampilan yang baik dan perlu didukung pula oleh watak dan pengalaman. Tidak cukup hanya good looking wanita cantik atau pria tampan. Bagi wanita diperlukan wajah yang menarik serta pengawakan yang baik, sedangkan bagi pria perlu memilki kemampuan membawakan dirinya.
  2. Kecerdasan pikiran yang meliputi pengetahuan umum, penguasaan bahasa, daya peneyesuaian dan daya ingatan yang kuat sehingga mampu mebawakan announcements di depan kamera dengan enak dan jelas, tanpa membaca kalau perlu semua hafal dan dilatih sendiri sesempatnya dalam menit-menit sebelum tampil.
  3. Keramahan yang tidak berlebihan sampai over friendly yang dapat menjengkelkan dan menjdai tidak wajar.
  4. Jenis suara yang epat dengan warna suara yang menyenangkan untuk didengardan memilki wibawa yang mantab.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa prasyarat bagi calon presenter yang baik adalah seorang yang enak dilihat dan enak didengarkan dalam membawakan acara siaran, serta menunjukan kepribadian yang wajar. Kebanyakan orang merasa malu ( self conscious ) atau gugup bila menghadapi mikrofon dan kamera TV. Penyiar TV harus dapat mengatasi “ demam mikrofon”, “demam kamera” dan ‘ demam panggung”. Penyiar TV juga harus bisa mengendalikan sikap/gerakan dan perasaan ( motions /emotions ) dalam memelihara intimacy ( kedekatan ) dengan pemirsa melalui kontak mata ( eye contack ).

Hartoko menambahkan, masalah mental yang dihadapi oleh setiap penyiar TV ialah bagaimana supaya merasa akrab setullusnya terhadap penerima yang terdiri atas pemirsa yang tidak dilihatnya. Dalam pendekatan harus pula punya rasa berhubungan perorangan, berbicara kepada lensa kamera dengan nada percakapan 9 conversational tone ). Penyiar TV yang baik selalu menyadari bahwa ia menghadapi pemirsa-pemirsa sebagai ‘human being’, karena itu memerlukan pula pengalaman dalam pergaulan dengan orang banyak. (Sumber : Jurnalistik televisi “ Teori dan Praktik “, Askurifai Baksin ; Simbiosa Rekatama Media h. 151)




Currently have 7 comments:

  1. Anonim says:

    ho ho ohohohohohoho

  1. Unknown says:

    ingin sekali menjadi presenter.....
    dimna ada audisinya???

  1. widya says:

    saya ingin menjadi presenter tapi bagaimana cara nya

  1. capol says:

    makasih gan buat informasinya semoga bermanfaat buat kita semua salam kenal aja dari aku

  1. pengen buanget bisa jadi news presenter ,,, pasti akan banyak sekali ilmu yang bisa kita pelajari disana ...kapan ada audisi presenter ?

  1. Anonim says:

    buat teman2 yang ingin menjadi news presenter di sindo tv jakarta (group mnc ), sekarang lagi open casting. berminat coba buka saja websitenya dan send cvnya.
    Haryanto Saputra

Leave a Reply

Posting Komentar