Find the Magic HERE!!!
Latest News

Strategi Komunikasi

Selasa, 16 Juni 2009 , Posted by Hasan Ismail at 03.03


Strategi Komunikasi
Strategi komunikasi yang merupakan panduan perencanaan komunikasi(communication planning) dengan manajemen komunikasi (communication management) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Strategi komunikasi ini harus mampu menunjukan bagaimana operasionalnya. secara praktis harus dilakukan dalam arti kata bahwa pendekatan (approach) bisa berbeda sewaktu-waktu tergantung pada situasi dan kondisi.
Menurut Asmuni Syukri dalam buku Dasar-dasar strategi dakwah islam ia mengungkapkan bahwa: Strategi komunikasi sebagai metode, siasat atau taktik yang digunakan dalam proses kegiatan-kegiatan komunikasi. Strategi dalam usaha berkomunikasi harus memperhatikan beberapa aspek komunikasi, yaitu:
a. Asas Fisiologis, asas ini membicarakan masalah yang erat hubungannya dengan tujuan-tujuan yang hendak dicapai dalam proses dan kegiatan komunikasi.
b. Asas keahlian dan kemampuan komunikator
c. Asas Sosiologis, asas ini membahas masalah yang erat hubungannya dengan situasi dan kondisi sasaran komunikasi.
d. Asas psikologis. Asas ini berhubungan dengan kejiwaan manusia.
e. Asas efektifitas dan efisiensi, asas ini maksudnya dalam kegiatan komunikasi harus berusaha menyeimbangkan antara waktu, biaya dan tenaga yang dikeluarkan dengan pencapaian hasilnya, artinya ketiga hal tersebut harus sesui dengan hasil dan tujuan komunikasi yang dicapai.




Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Posting Komentar