Find the Magic HERE!!!
Latest News

PENTINGNYA STRATEGI DAKWAH

Kamis, 22 April 2010 , Posted by Hasan Ismail at 12.01


PENTINGNYA STRATEGI DAKWAH

Pentingnya strategi dakwah adalah untuk mencapai tujuan, sedangkan pentingnya suatu tujuan adalah untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Fokus perhatian dari ahli dakwah memang penting untuk ditujukan kepada strategi dakwah, karena berhasil tidaknya kegiatan dakwah secara efektif banyak ditentukan oleh strategi dakwah itu sendiri.
Dengan demikian strategi dakwah, baik secara makro maupun secar mikro mempunyai funsi ganda, yaitu :

a. Menyebarluaskan pesan-pesan dakwah yang bersifat informative, persuasive dan instruktif
secara sistematik kepada sasaran untuk memperoleh hasil optimal.
b. Menjembatani "Cultur Gap" akibat kemudahan diperolehnya dan kemudahan
dioperasionalkannya media yang begitu ampuh, yang jika dibiarkan akan merusak nilaii-nilai
dan norma-norma agama maupun budaya.

Bahasan ini sifatnya sederhana saja, meskipun demikian diharapkan dapat menggugah perhatian para ahli dakwah dan para calon pendakwah yang sedang atau akan bergerak dalam kegiatan dakwah secara makro, untuk memperdalaminya.

Jika kita sudah tau dan memahami sifat-sifat mad'u, dan tahu pula efek apa yang kita kehendaki dari mereka, memilih cara mana yang kita ambil untuk berdakwah sangatlah penting, karena ini ada kitannya dengan media yang harus kita gunakan. Cara bagaimana kita menyampaikan pesan dakwah tersebut, kita bias mengambil salah satu dari dua tatanan di bawah ini :

a.Dakwah secara tatap muka (face to face)

  1. Dipergunakan apabila kita mengharapkan efek perubahan tingkah laku (behavior change) dari mad'u.
  2. Sewaktu menyampaikan memerlukan umpan balik langsung (immediate feedback).
  3. Dapat saling melihat secara langsung dan bisa mengetahui apakah mad'u memperhatikan kita dan mengerti apa yang kita sampaikan. Sehingga umpan balik tetap menyenangkan kita.
  4. Kelemahannya mad'u yang dapat diubah tingkah lakunya relative, sejauh bisa berdialog dengannya.

b. Dakwah melalui media.
  1. Pada umumnya banyak digunakan untuk dakwah informatife.
  2. Tidak begitu ampuh untuk mengubah tingkah laku.
  3. Kelemhannya tidak persuasive
  4. Kelebihannya dapat mencapai mad'u dalam jumlah yang besar.




Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Posting Komentar