Find the Magic HERE!!!
Latest News

Filsafat Dakwah

Rabu, 16 Februari 2011 , Posted by Hasan Ismail at 00.35

Pengertian Filsafat Dakwah

Filsafat dakwah terdiri dari dua kata yaitu filsafat dan dakwah. Pertama-tama mari kita lihat arti dari filsafat dan dakwah. Istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani : ”Philosophia”. Seiring perkembangan jaman akhirnya dikenal juga dalam berbagai bahasa, seperti : ”Philosophic” dalam kebudayaan bangsa Jerman, Belanda, dan Perancis; “Philosophy” dalam bahasa Inggris; “Philosophia” dalam bahasa Latin; dan “Falsafah” dalam bahasa Arab.

Secara etimologi, istilah filsafat berasal dari bahasa Arab, yaitu Falsafah atau juga dari bahasa Yunani yaitu Philosophia – Philien : Cinta dan Sophia : Kebijaksanaan. Jadi bisa dipahami bahwa filsafat berarti cinta kebijaksanaan. sehingga Phioshopia mengandung arti cinta kebenaran. Orang yang mencintai kebenaran ia akan berupaya memperoleh dan memilikinya.
Dan arti dakwah itu dalam bahasa arab adalah ajakan, seruan, panggilan, undangan. Secara Makna etimologis Dakwah dapat dilihat dari kata dakwah dalam Al-Quran yang memiliki banyak arti, antra lain :
* Menyampaikan dan menjelaskan
* Berdo’a dan berharap
* Mengajak dan mengundang

Filsafat dakwah adalah mengumpulkan pengetahuan tentang dakwah sebanyak-banyaknya, kemudian dianalisis, dibandingkan, dikritisi untuk menemukan hakekat dakwah tersebut. Dengan kata lain dengan mengumpulkan pengetahuan tentang dakwah itu, diharapkan dapat memberikan jawaban secara tepat tentang apa, mengapa, dan bagaimana dakwah tersebut. Oleh sebab itu, pembahasan filsafat dakwah tidak dapat dilepaskan dari Allah SWT, Islam, manusia serta lingkungan (bumi, alam) di mana terjadi proses dakwah.




Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Posting Komentar