Find the Magic HERE!!!
Latest News

PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Selasa, 16 Juni 2009 , Posted by Hasan Ismail at 02.43

PENGAMBILAN KEPUTUSAN UNTUK
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAKWAH

A. Pentinnya Pengambilan Keputusan dalam Sistem Manajeman Informasi Dakwah

Dalam manajemen, pengambilan keputusan ( decision making ) memegang peranan yang sangat penting, karena itu keputusan yang diambil oleh seorang manager merupakan hasil pemikiran akhir yang harus dilaksanakan oleh bawahanya atau mereka yang bersangkutan dengan organisasi yang ia pimpin. Kesalahan pengambilan keputusan bias nerugikan organisasi, mulai dari kerugian citra sampai kepada kerugian uang.
Pengambilan keputusan adalah suatu proses pemikiran dalam rangka pemecahan suatu masalah untuk memperoleh hasil akhir untuk dilaksanakan.
Setiap baik besar maupun kecil atau sulit maupun mudah, masing-masing masalah tersebut ada yang mamiliki resiko dan ada juga yang tidak memiliki resiko. Disitulah pentingnya informasi, sebab keputusan yang diambil adalah hasil akhir dari penilaian sejumlh alternative, dan juga yang diambil adalah alternative yang terbaik, dalam arti kata yang paling kecil resikonya. Dalam mengahadapi pilihan itu setiap alternative perlu ditunjang oleh informasi selengkap-lengkapnya, agar keputusan-keputusan yang diambil tidak melesetdan dapat mempercepat pencapaian tujuan dengan efesien dan efektif. Efektif berarti keberhasilan pencapaian tujuan sesuai dengan biaya, waktu, dan tenaga manusia yang telah ditetapkan. Efesian berarti keberhasilan pencapaian tujuan, denga biaya, waktu atau tenaga manusia yang kurang daripada yang telah ditetapkan.
Menurut Dr. Sondang P. Siagian, MPA, Ph. D, semakin tinggi kedudukan seseorang dalam suatu organisasi, semakin banyak memerlukan “manajemen skill” dan semakin kurang membutuhkan “technical skill” karena semakin berkurang keterlibatannya dalam kegiatan-kegiatan yang bersikap operasional.



Ketrampilan manajerial seorang manager dapat diketahui melalui aspek-aspek manajemen, yaitu :

1). Faktor intern organisasi
2). Faktor ekstern organisasi

Seorang pimpinan atau manajer puncak harus memberikan perhatian khusus kepada faktor-faktor ekstern organisasi, hal ini dikarnakan erat hubungannya dengan “Environmental Impect Assessment” , menyangkut politik, ekonomi, hukum, sosial dan kebudayaan.




Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Posting Komentar